banner 1000x250

Rekonstruksi Besar-besaran Stadion Gelora BJ Habibie Parepare Capai 37 Persen

banner 120x600

PAREPARE, Kembaroginews.com – Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Selatan tengah melaksanakan proyek rehabilitasi dan renovasi Stadion Gelora BJ Habibie (GBH) di Kota Parepare. Fokus utama saat ini adalah rekonstruksi tribun VIP barat stadion tersebut.

PPK Proyek Rehabilitasi dan Renovasi Stadion GBH, Iwan MEng, dalam kunjungan lapangannya pada Rabu (11/9/2024), mengungkapkan bahwa progres proyek telah mencapai 37 persen. “Dalam waktu 3,5 bulan ke depan, kami akan memaksimalkan pengerjaan tribun utara, selatan, serta barat. Sementara itu, tribun timur sudah memasuki tahap pelaksanaan MEP (Mechanical, Electrical, and Plumbing) dan arsitektur,” jelas Iwan.

Proyek senilai Rp113 miliar ini dirancang untuk memenuhi standar FIFA (Federasi Sepak Bola Internasional). Beberapa poin penting dalam proyek ini meliputi:

1. Rekonstruksi tribun barat yang memerlukan kehati-hatian khusus dalam penjadwalan dan metode pengerjaan.
2. Pemasangan single seat di seluruh tribun, dengan total kapasitas 8.547 kursi.
3. Penanaman rumput lapangan baru yang baru bisa digunakan enam bulan setelah pemasangan, sekitar Februari 2025.

Iwan menegaskan komitmennya terhadap kualitas pengerjaan, “Khusus tribun barat, karena mengambil opsi rekonstruksi dalam waktu 3,5 bulan, kami harus sangat berhati-hati. Metode yang digunakan harus tepat sasaran, tepat mutu, dan tepat waktu.”

Proyek ini mendapat dukungan penuh dari Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare, Akbar Ali. Melalui surat tertanggal 9 Agustus 2024, Ali mengusulkan pembongkaran dan pembangunan baru tribun barat Stadion GBH kepada Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulsel.

Usulan ini didasari hasil audit struktur tahun 2023 yang menemukan mutu beton eksisting tribun barat dalam kondisi sangat rendah dan tidak memenuhi standar keamanan bangunan publik. “Kami mengusulkan pembongkaran dan pembangunan kembali dengan perencanaan yang lebih baik demi terciptanya fasilitas yang aman dan nyaman bagi masyarakat Kota Parepare,” tulis Ali dalam suratnya.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Parepare, HM Iskandar Nusu, mewakili Pj Wali Kota, menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan rekonstruksi ini. “Kami mengapresiasi desain tribun barat, timur, utara, dan selatan. Semoga terealisasi dengan baik sesuai harapan Bapak Wali Kota dan masyarakat Kota Parepare secara umum,” ujar Iskandar.

Meski menghadapi tantangan dalam hal waktu dan kompleksitas pekerjaan, Iwan tetap optimis proyek akan rampung hingga akhir Desember 2024. Dengan selesainya proyek ini, Stadion Gelora BJ Habibie diharapkan dapat menjadi kebanggaan baru bagi masyarakat Parepare dan memenuhi standar internasional untuk penyelenggaraan pertandingan sepak bola.

banner 800x1000

Penulis: ArmanEditor: Arman
banner 1000x350

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Would you like to subscribe to our notifications?
%d blogger menyukai ini: