banner 1000x250

John Paul Green Maumere Juara 1 Lomba Festival Gaharu Bumi Kategori Remaja Tingkat Nasional

banner 120x600

Kembaroginews.com, Jakarta – John Paul Green ( JPG) Komunitas Peduli Lingkungan Hidup SMA Swasta Katolik John Paul II Maumere Kabupaten Sikka Flores NTT berhasil meraih Juara 1 Lomba Festival Gaharu Bumi Innovation Challenge (GBIC) Kategori Remaja Tingkat Nasional Sabtu ( 2/4/2024) yang dilaksanakan di Hotel Ciputra Jakarta.

Festival yang merupakan acara puncak Festival GBIC dihadiri 29 Finalis yang terpilih dari ratusan pendaftar terdiri dari kategori orang muda, keluarga dan komunitas.

“Finalis dari JPG Maumere mempresentasikan cara-cara kreatif untuk memperlambat krisis iklim dan beragam isu dan perspektif dari seluruh Indonesia. Puji Tuhan Finalis JPG Maumere berhasil meraih juara 1 Kategori Remaja,” kata Guru Pendamping Agata Helena Eman kepada Merah Putih News Selasa (5/4/2024).

Dua Finalis dari JPG Maumere Skolastika Laura dan Krisinthia Karlita Bete mengangkat tema pengolahan sampah dan penghijauan.

“Penampilan mereka dalam mempresentasikan materi sangat baik dan berhasil mencuri perhatian juri,” tandas Ibu Elen biasa disapa.

“Kedua gadis Maumere yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Ibu Kota Jakarta menangis terharu ketika diumumkan menjadi juara,” tambah guru mata pelajaran Bahasa Inggris ini.

Finalis Laura dan Cerin peserta didik Kelas XI ini kepada Merah Putih News mengakui keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja keras pendamping JPG Pak Dion Paskalis Lamanepa yang telah resign dari SMAK John Paul II dan melanjutkan studi.

“Kami berbangga bisa menjadi bagian dari John Paul Green. Kami dan teman- teman di komunitas punya semangat dalam mengatasi isu lingkungan dengan kepekaan terhadap alam sekitar,” ungkap Laura diamini Cerin.

Sementara Guru pendamping lainnya yang mengantar Finalis JPG, Ibu Natalia Muliani mengakui Laura dan Cerin gadis sederhana yang selalu memiliki dedikasi yang tinggi dalam mengerjakan segala sesuatu baik tugas sekolah maupun tugas mereka di Komunitas John Paul Green.

Menjuarai sebuah Iven di tingkat nasional bagi guru mata pelajaran Ekonomi merupakan sebuah prestasi yang luar biasa.

“Saya sampai menangis terharu saat pengumuman kejuaraan sebagai pemenang. Mereka telah mengharumkan nama lembaga SMA Katolik John Paul II Maumere,” ungkapnya bangga.

Untuk diketahui kegiatan GBIC diselenggarakan oleh Ashoka Indonesia bekerja sama dengan Kok Bisa dan didukung oleh Ford Fundation dan Kementerian Dalam Negeri.

Direktur Ashoka Kawasan Asia Tenggara Nani Zulminarni pada Festival itu mengatakan ajang ini bukanlah ajang kompetisi namun inspirasi belajar bersama menjadi change maker.

“Orang muda harus melakukan perubahan demi menyelamatkan bumi. Perubahan yang terjadi melalui proses pendidikan dan pembelajaran terus menerus di sekolah, lingkungan dan masyarakat,” tutupnya.

 

banner 800x1000

banner 1000x350

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Would you like to subscribe to our notifications?
%d blogger menyukai ini: